Ruang CSSD


INSTALASI CSSD

Rumah Sakit Umum Daerah Srengat sebagai institusi penyedia layanan kesehatan yang mengutamakan keselamatan pasien dan petugas, selalu berupaya untuk mencegah terjadinya resiko infeksi.  Salah satu indikator keberhasilan Rumah Sakit adalah rendahnya angka infeksi nosokomial. Untuk mencapai tujuan tersebut RSUD Srengat telah memiliki fasilitas sterilisasi tersentral yaitu CSSD.

CSSD (Central Sterile Supply Departement) adalah instalasi penunjang non medik rumah sakit yang bertanggung jawab menyediakan dan melakukan pelayanan sterilisasi seluruh alat medis yang digunakan pada tindakan operasi, tindakan perawatan gawat darurat, tindakan perawatan intensif, dan tindakan medis lainnya. 

Alat medis steril yang digunakan hampir seluruh ruang perawatan di RSUD Srengat dihasilkan oleh CSSD, seperti alat-alat di Ruang Operasi, IGD, ICU, Ruang Isolasi Covid, Poli Kandungan, Poli Bedah, Poli Gigi, Ruangan Ibu melahirkan (Maternal), Ruang Perawatan Bayi (Perinatal), dan Ruang Rawat Inap menggunakan produk steril CSSD.

Sebagai instalasi penyedia alat medis steril, CSSD memiliki ruang khusus yang didesain memenuhi standar Pencegahan dan Penanggulangan Infeksi, dilengkapi mesin-mesin modern dan tenaga pelaksana terlatih.