Ruang IPRS


INSTALASI PEMELIHARAAN SARANA

Instalasi Pemeliharaan Sarana (IPS) RSUD Srengat merupakan instalasi penunjang non klinik yang berada di bawah Kepala Bidang Penunjang Klinik dan Non Klinik, di mana mempunyai tugas pokok melaksanakan pemeliharaan alat medis, sarana, dan prasarana di rumah sakit. 

RSUD Srengat memiliki mesin genset sebanyak 1 unit dengan kapasitas 800 kVA. Genset memiliki fungsi yang sangat penting karena dapat menjadi cadangan listrik saat suplai listrik PLN padam. Jika suplai listrik PLN padam maka genset secara otomatis akan mengalirkan listrik ke beberapa peralatan yang terhubung dengan genset dan ketika listrik PLN sudah kembali menyala genset akan otomatis mati. IPS melakukan pemeliharaan genset secara berkala agar genset dapat beroperasi dalam jangka waktu lebih lama dan meminimalkan gangguan selama masa pengoperasian. 

Pemeliharaan alat medis adalah kegiatan dan usaha perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi alat medik guna memenuhi, melengkapi dan mengoptimalkan alat kesehatan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di RSUD Srengat.

Pemeliharaan peralatan medik terbagi menjadi dua yaitu Pemeliharaan Terencana dan Pemeliharaan Tidak Terencana. Pemeliharaan Terencana yaitu kegiatan pemeliharaan yang dilaksanakan terhadap alat sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Pemeliharaan tidak terencana adalah kegiatan pemeliharaan yang bersifat darurat berupa perbaikan terhadap kerusakan alat yang mendadak/tidak terduga dan harus segera dilaksanakan mengingat alat sangat dibutuhkan untuk pelayanan.