Ruang Laundry


INSTALASI LAUNDRY

Keberadaan linen di sebuah Rumah Sakit adalah mutlak. Hampir semua ruang perawatan membutuhkan linen baik berupa perlengkapan tidur pasien, seperti sprei, selimut, perlak, gorden, bahkan baju pasien dan baju kerja petugas. Linen yang bersih, harum, rapi, yang berada di sebuah unit perawatan dan yang dikenakan oleh pasien serta petugas diharapkan akan memberi perasaan nyaman kepada pasien akan membantu mempercepat kesembuhan pasien.

Perlengkapan linen untuk tindakan operasi dan yang lainnya, wajib dikelola secara terpusat di Instalasi Laundry Rumah Sakit. Pengelolaan linen secara tersentral bertujuan untuk melokalisir resiko penularan penyakit. Di Instalasi Laundry RSUD Srengat, linen dikelola dengan cara modern menggunakan mesin yang memenuhi standar Pencegahan dan Pengendalian Infeksi serta tenaga profesional terlatih.

Pencucian tidak menggunakan sabun biasa, namun menggunakan zat yang disebut dengan chemicaly laundry yang mengandung zat-zat yang sesuai standar, yang tidak saja membuat linen menjadi harum, lembut, terlebih mampu mengurangi jumlah kuman hingga angka yang dipersyaratkan.