Aksi Peduli Donor Darah RSUD Srengat

Di upload oleh: Tim Redaksi - Tanggal: 28 Juni 2021

Dalam rangka Hari Donor Darah Sedunia tanggal 14 Juni, Rumah Sakit Umum Daerah Srengat menyelenggarakan kegiatan donor darah pada hari Sabtu (26/06/2021). Peserta donor darah berasal dari karyawan RSUD Srengat dan masyarakat umum.

Kegiatan donor darah dilaksanakan bekerja sama dengan UDD PMI Kabupaten Blitar dan  dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

Kegiatan donor darah yang dilaksanakan RSUD Srengat ini total diikuti oleh 67 calon pendonor. Dari jumlah tersebut, 46 orang berhasil donor sedangkan 21 orang lain tidak bisa diambil darahnya karena tidak memenuhi syarat untuk donor.

Seluruh hasil donor darah akan diserahkan ke PMI yang merupakan Unit Donor Darah (UDD) untuk menambah stok darah yang selama masa pandemi Covid-19 mengalami penurunan.

Panitia penyelenggara donor darah, Kasi Keperawatan Nur Hidayat, S.Kep., Ners menjelaskan kegiatan aksi peduli donor darah ini merupakan bentuk kepedulian dan peran serta RSUD Srengat dalam membantu penyediaan stok darah di Kabupaten Blitar. "Harapannya kegiatan donor darah ini ke depannya bisa diselenggarakan secara rutin per tiga bulan seperti yang dianjurkan", ungkap Nur Hidayat.