Hindari Hiperkolesterolemia Dengan Cara Ini

Di upload oleh: Tim Redaksi - Tanggal: 15 Maret 2021

Oleh : dr. Filcha Novia S

Hiperkolesterolemia adalah penyakit yang terjadi saat kadar kolesterol atau lemak dalam darah melebihi batas normal. Terdapat tiga jenis kolesterol didalam darah yaitu high density lipoprotein (HDL) atau lemak baik, low density lipoprotein (LDL) atau lemak jahat, dan trigliserida. Kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh dapat meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit seperti penyakit jantung koroner, peradangan pancreas, diabetes, dan penyakit ginjal.

Beberapa cara berikut dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya hiperkolesterolemia di dalam tubuh, yaitu:

Menerapkan Pola makan Sehat

Hindari konsumsi minuman beralkohol. Batasi makanan-makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti gorengan, jerohan, udang, butter dan makanan cepat saji. Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan, makanan yang dapat membantu menyeimbangkan kadar kolesterol dalam darah seperti: biji-bijian gandum, menggunakan  minyak yang berasal dari tanaman (minyak kanola, minyak zaitun), kacang-kacangan, buah apel, anggur, dan produk olahan kedelai.

Berolahraga secara teratur

Usahakan untuk berolahraga seperti jogging, lari, bersepeda atau berenang selama 30 menit setiap harinya atau minimal 3 sampai 4 kali dalam seminggu, karena aktivitas fisik dapat memperbaiki kadar kolesterol dalam tubuh.

Menurunkan berat badan berlebih

Penurunan berat badan pada pasien yang overweight dan obesitas dapat membantu menurunkan kadar LDL dan kolesterol total dalam darah

 

Menghentikan kebiasaan merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan mempercepat penumpukan plak dalam pembuluh darah arteri

 

Referensi

P2PTM Kemenkes RI, (2019).Pencegahan Kolesterol Tinggi. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/pencegahan-kolesterol-tingg i

Yani, M. (2015) Mengendalikan Kadar Kolesterol pada hiperkolesterolemia. Jurnal Olahraga Prestasi. Vol 11. No. 2. https://journal.uny.ac.id/index.php/jorpres/article/view/5749

Aulia (2017). Hindari Makanan Tinggi Kolesterol ini. Kementerian. Keesehatan Republik Indonesia. http://p2ptm.kemkes.go.id/artikel-sehat/hindari-makanan-tinggi-kolesterol-ini

P2PTM Kemenkes (2019). Berapa Nilai Normal Kolesterol?. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.  http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/page/13/berapa-nilai-normal-kolesterol-total